Babinsa Desa Sukaraya Hadir Tradisi ‘Buka Bumi’ di Desa Binaannya

  • Whatsapp

LUWU UTARA – Babinsa Desa Sukaraya Koramil 1403-12 Bonebone Kodim 1403/ Sawerigading Serka Sarnata menghadiri acara buka bumi/percepatan tanam, yang digelar di sanggar tani Sukaraya, Kecamatan Bone-bone kabupaten Luwu Utara, Kamis, (13/08/2020).

“Sebelum turun sawah, para petani terlebih dahulu melakukan tradisi dengan nama “Buka Bumi” dan hal tersebut merupakan upaya dalam menghidupkan tradisi tradisional para petani dengan memberikan suatu percontohan,” kata Serka Sarnata.

Bacaan Lainnya

Lebih Lanjut dijelaskan, bahwa kegiatan buka bumi merupakan suatu kegiatan rutin yang di lakukan oleh para petani di Desa Sukaraya.

“Hal itu bertujuan untuk mentukan waktu menanam dan benih apa yg akan digunakan sehingga nantinya petani secara serentak menanam padi dan juga merupakan ajang tali silaturahmi dalam upaya membangun kebersamaan serta kekompakan para petani,” tambahnya.

Kegiatan Buka Bumi/ percepatan tanam turut dihadiri, Kepala BPP Bone Bone Bpk Semmaranu, PPL Desa Sukaraya Viviani, SP, dan Ketua Gapoktan Made Suryana serta 30 orang petani lainnya. (Tim/Awi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *