Gerak ‘Senyap’ Namun Nyata, Ini Yang Dilakukan TNI di Lokasi Banjir Bandang

  • Whatsapp

LUTRA – Gerak cepat TNI di lokasi banjir senyap namun nyata. Pasca banjir bandang yang menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) pada 13 Juli malam, Dandim 1403/Sawerigading, Letkol Inf Gunawan SIP langsung mengerahkan personilnya menyebar ke sejumlah TKP.

Tak hanya itu, Dandim juga terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian Polres Lutra dan Pemerintah Daerah (Pemda) Lutra untuk pemulihan pasca banjir.

Bacaan Lainnya

Untuk membantu korban banjir, TNI telah mendirikan posko bencana yang dilengkapi dengan pelayanan kesehatan dan dapur umum. Begitu juga dengan tempat pengungsian telah didirikan lengkap dengan fasilitas kesehatan.

Untuk lokasi penampungan korban banjir, Dandim mengatakan bahwa lokasinya berada diketinggian Desa Panampu. Posko tersebut dipersiapkan untuk menampung masyarakat dari Desa Meli sebanyak 1.780 orang.

“Kami juga telah mendatangkan alat berat untuk membuka akses jalan, mendatang air bersih ke wilayah yang terdampak, serta melakukan koordinasi dengan pihak PLN setempat,” kata Dandim 1403/Sawerigading, Letkol Inf Gunawan SIP saat dihubungi via selulernya, Sabtu (18/7/2020).

TNI, kata Dandim, juga ikut membantu melaksanakan evakuasi, baik dengan jalan kaki maupun menggunakan kendaraan dinas TNI/Polri maupun Kendaraan umum.

“TNI membantu melakukan pencarian dan penyelamatan serta evakuasi masyarakat yang terdampak bencana,” ujar Dandim.

Kemarin, kata Dandim, Menteri Sosial, Kepala BNPB, Gubernur Sulsel, Pangdam, Kapolda dan Kajati, serta Danrem telah melakukan inspeksi di lokasi bencana.(Tiara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *