Jaga Imun Selama Covid 19, Suarto Konsumsi Buah dan Sayur Segar

  • Whatsapp
Tanaman cabai Pak Suarto yang telah berumur 4 bulan dengan menggunakan pupuk cair organik sebagai bentuk program ketahanan pangan keluarga. Foto : Dedy. Kamis, 21/01/2021.

Celebestimes.id — Menjaga imun dan kondisi tubuh tetap sehat selama pandemi Covid 19, Suarto Warga Ammasangan Kecamatan Wara Kota Palopo, mengaku rutin konsumsi buah dan sayur segar.

Menurut Suarto, sebelum konsumsi buah ataupun sayur, terlebih dahulu memastikan, apakah tanaman tersebut tidak menggunakan pupuk kimia atau karbit.

Bacaan Lainnya

YAYASAN SAIFUDDIN KASIM FOUNDATION (SKF) BERDAYAKAN UMKM DIMASA COVID 19 BANTU EKONOMI MASYARAKAT DI BIDANG PETERNAKAN DAN PERTANIAN.

“saya sarankan banyak-banyak konsumsi buah dan sayuran segar dan tanaman herbal lainnya selama pandemi Covid-19. Untuk memastikan tanaman itu tidak menggunakan pupuk kimia, atau pakai karbit, kenali penjualnya, dan periksa kondisi buah dan sayur itu sendiri,” beber Suarto. Kamis,21/01/2021

” Kalau sayuran, setelah memasuki bulan ke empat masa pandemi Covid-19 saya ajak keluarga menanam sayur sendiri, dan kalau buah saya liat dulu siapa penjualnya, kalau kenal saya beli,” sambung Suarto, dengan sedikit tersenyum.

Dikatakan oleh Suarto, lahan kosong dibelakang rumahnya, dimanfaatkan untuk menanam batang ubi kayu, menanam bibit tanaman sayur sawi hijau, dengan cara hidroponik, kangkung, cemangi, terong dan cabe.

” Setiap pulang kerja, saya luangkan waktu menancapkan batang ubi kayu, menanam bibit tanaman sayur sawi hijau, kangkung, terong, cemangi dan cabe, dengan menggunakan pupuk cair organik, 3 sampai 4 bulan sudah bisa panen, dan itu terus kami lakukan selama di pandemi Covid-19. Selain mendapatkan sayur segar juga menghemat keuangan dapur,” katanya.

Selain sayuran, Suarto juga telah membuat wadah untuk memelihara ikan lele, karena menurutnya pertumbuhan cepatnya.

“Saya sudah siapkan wadah untuk memelihara ikan lele, saya buat kolam, ukuran tingginya 80 centi meter, dan lebarnya 2 meter. Ikan lele pertumbuhannya cepat,” ujar Suarto.

Program yang dilakukan oleh Suarto, merupakan program percontohan yang telah dilihatnya di situs media online, yang sejak beberapa bulan lalu telah ramai diberitakan, sebagai bentuk ketahanan pangan dimasa pandemi.

(Dedy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *