Kebakaran di Maccini Gusung Kota Makssar Hanguskan 35 Unit Rumah

Seorang warga yang naik diatas atap berupaya untuk memadamkan kobaran api yang menyala-nyala agar tidak melebar kerumah warga lainnya. Foto : Antaranews.com

MAKASSAR – Kebakaran hebat yang terjadi di Kelurahan Maccini Gusung, Kecamatan Makassar, Sulawesi Selatan, akibatkan 35 unit rumah hangus dilalap si jago merah dan 6 rumah juga lainnya ikut terkena dampak oleh amukan sijago merah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Elodewata Wahid, yang dikutip dari laman situs antaranews.com mengatakan, pihaknya baru mendapatkan laporan sekira pukul 12.40 Wita.

Bacaan Lainnya

LIHAT JUGA BERITA INI :

“Laporan masuk sekitar pukul 12.40 Wita. Untuk objek terbakar sebanyak 35 unit rumah semi permanen di pemukiman warga. 21 unit armada Damkar diturunkan untuk menjinakkan api. Api dikuasai pukul 13.07 WITA,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Elodewata Wahid, Kamis, 17 September 2020.

Diketahui, untuk data korban sementara ini berjumlah 156 jiwa, dengan Kepala Keluarga (KK) 56 orang. Sedangkan korban jiwa nihil, namun satu orang yang merupakan warga setempat dikabarkan terjatuh dan mengalami luka parah, hingga dilarikan ke rumah sakit guna memdapatkan perawatan medis

Menurut, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, penyebab terjadinya kebakaran tersebut, diduga akibat tegangan arus pendek listrik.

“Dugaan sementara kebakaran akibat arus pendek. Tetapi saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut,” ungkap Elodewata.

Usai pemadaman api, aparat kepolisian yang berada di lokasi kejadian langsung memasang polis line, untuk kepentingan penyelidikan.

Kapolsek Kota Makassar, Komisaris Polisi (Kompol) Kodrat menuturkan, jika penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan. Namun meski demikian, dari keterangan warga, yang berada di salah satu rumah korban, menduga ada warga yang sedang memasak, lalu kemudian meninggalkan rumah.

“Tim masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran itu. Saat ini sedang dikumpulkan informasi dari para saksi. Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah,” tutur Kompol Kodrat.

Disadur dari antaranews.com, sejumlah warga setempat mengungkapkan, api berasal dari salah satu rumah warga, yang diduga meninggalkan rumah saat sedang memasak.

Melihat ada api, warga yang berada dilokasi kejadian berupaya melakukan memadamkan dengan alat seadanya, seperti ember, kemudian sebagian warga lainnya, membantu pemilik rumah untuk menyelamatkan perabot rumah.

Dalam kondisi yang panik, korban yang melihat rumahnya dilalap sijago merah, hanya bisa pasrah dan menangis atas musibah yang menimpanya.

Editor : Dedy
Sumber : antaranews.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *