Lawan Covid 19 Dengan Konsumsi Ramuan Herbal dan Ikut Vaksin

  • Whatsapp
Desain gambar Celebestimes.id/istimewa

PALOPO | CELEBESETIMES.id — Asupan gizi yang bersumber dari tanaman herbal, di tambah dengan olahraga secara terjadwal, menjadikan imun tubuh semakin kebal dari serangan virus, termasuk Covid 19.

Ramuan herbal, yang juga dianggap mujarab untuk meningkatkan daya kebal tahan tubuh, seperti Meniran, Daun Kelor dan Kunyit.

Bacaan Lainnya

Mengonsumsi ramuan herbal dimasa covid 19 dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara tepat, adalah upaya menjaga dari resiko terpapar, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Salah satu relawan Kemanusiaan di Kota Palopo, yang juga ketua Relawan Medical Center (RMC) 117, Ibrahim S.Kep, mengatakan selain mengonsumsi ramuan herbal, dalam menjaga imun tubuh, juga sebaiknya mengatur pola tidur, konsumsi makanan yang terjamin kebersihan dan kesehatannya, dan berolahraga yang cukup.

” Ini kan masih masa pandemi Covid 19 di Kota Palopo, dan telah berjalan progres vaksinasi. Agar imun tubuh kita tetap kebal dari berbagai virus, jaga pola tidur, pastikan makanan sebelum di konsumsi bersih dan sehat, kemudian olahraga dengan terjadwal,” kata Ibrahim malam tadi. Kamis, 25/02/2021.

” Sesuai dengan apa yang disampaikan pemerintah melalui media-media yang kita baca, dan lembaga terkait lainnya. Vaksin yang saat ini digunakan aman, dan halal, itu terbuktikan karena saya sendiri sudah melakukan vaksinasi, dan aman,” sambungnya.

Tanaman herbal, Meniran atau Phyllanthus niruri, yang dikutip dari laman alodokter.com, telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit di banyak negara. Dalam kandungannya dipercaya ada bermacam-macam senyawa kimia, seperti phyllanthin dan tannin.

Senyawa tersebut, terbukti dapat berfungsi sebagai antioksidan, antimikroba, antidiabetes, dan antikanker, sehingga dipercaya ampuh digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan, penelitian juga menunjukkan bahwa herbal ini efektif dalam mengatasi penyakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga cocok dikonsumsi dimasa-masa Covid 19.

Kemudian, masih dikutip dari laman alodokter.com, daun kelor juga sangat bermanfaat, dimana dalam kandungannya terdapat banyak senyawa dan nutrisi penting, yang juga efektif meningkatkan imunitas mencegah infeksi, antara lain flavonoid, anthraquinon, dan vitamin C. Bahkan di percaya, bahwa kandungan vitamin C pada daun kelor, 7 kali lebih banyak daripada pada jeruk.

Demikian halnya tanaman herbal kunyit, terkandung senyawa aktif bernama kurkumin. Senyawa yang memberikan warna kuning secara alami ini sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan sistem penyerapan tubuh.

Selain itu, kurkumin juga memiliki manfaat antiinflamasi dan bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut, Ibrahim Ketua RMC 117 Palopo, dengan mengkonsumsi ramuan herbal secara tepat dan benar, olahraga yang terjadwal, menerapkan prokes covid 19, dan melakukan vaksinasi adalah upaya kita menyelamatkan diri sendiri, terlebih kepada orang-orang disekitar kita.

“Konsumsi ramuan herbal secara tepat dan benar, menjaga kebersihan, olahraga yang terjadwal, menerapkan prokes covid 19, dan melakukan vaksinasi adalah upaya kita menyelamatkan diri sendiri, terlebih kepada orang-orang disekitar kita, keluarga, dan teman-teman kerja kita,” tutup Ibrahim.

Menjaga pola tidur, konsumsi tanaman herbal, berolahraga secara rutin, hidup bersih, menerapkan prokes covid 19 dan melakukan vaksinasi sesuai anjuran pemerintah, adalah bentuk kepedulian kita terhadap kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang ada disekitar kita, Tidak Menularkan dan Tidak Tertular.

(Dedy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *