OPA Kirana Sawerigading Gelar Donor Darah di Warkop Kampis, Untuk Kebutuhan di Masa Pandemi

  • Whatsapp
(Kegiatan donor darah di Warkop Kampis Jl. Mas Jaya oleh OPA Kirana Sawerigading yang bekerjasama dengan RSUD Sawerigading Palopo dan PT Pegadaian Cabang Palopo. Selasa,13/07/2021)

PALOPO–Organisasi Pecinta Alam (OPA) Kirana Sawerigading gelar aksi donor darah, sebagai wujud kepedulian dan andilnya dalam penanganan covid-19 di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan untuk memenuhi stok darah di masa pandemi.

Kegiatan sosial donor oleh OPA Kirana Sawerigading ini dilaksanakan di Warkop Kampis Jl. Andi Mas Jaya, Kecamatan Wara Kota Palopo, yang bekerjasama dengan tenaga medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading Palopo dan Kantor Cabang Pegadaian Kota Palopo.

Bacaan Lainnya

Ketua panitia donor darah ini, Muhammad Yusuf dalam keterangannya, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya antisipasi kekurangan stok darah di masa pandemi Covid-19 di Kota Palopo.

“Kegaitan donor darah ini akan dilaksanakan selama dua hari, Selasa – Rabu 13-14 Juli 2021, dengan target peserta donor 100 orang. Karena saat ini sedang berlangsung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPM) maka dilakukan secara bertahap,” kata Muhammad Yusuf.

Melihat antusias dari masyarakat yang ingin mendonorkan darah yang cukup tinggi, Muhammad Yusuf mengaku sanga bersyukur, dan berharap kegiatan tersebut, betul-betul dapat membantu warga yang membutuhkan darah.

“Satu tetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kemanusiaan,” tambahnya.

Tak lupa pula Muhammad Yusuf mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan donor darah tersebut, terkhusunya kepada pihak RSUD Sawerigading dan jajaran pegawai Pengadaian Cabang Kota Palopo, serta Pemilik Warkop Kampis Ridwan Fattah, atau yang akrab di sapa dengan Kak Li’.

Hadir dan juga turut berpartisipasi donor darah Pimpinan PT. Pegadaian Cabang Palopo Yohanes Kumanireng yang didampingi oleh sejumlah stafnya, berharap, kegiatan sosial donor darah yang dilakukan oleh OPA Kirana Sawerigading dapat dilaksanakan secara rutin, dan menjadi contoh kepada masyarakat maupun organisasi yang ada di Kota Palopo.

” Selain untuk memenuhi kebutuhan darah di masa pandemi Covid-19 ini, juga menjadi motivasi, dan melestarikan budaya saling bantu-membantu antar sesama, ujar Yohanes Kumanireng.

Sementara, itu penanggung jawab dari pihak RSUD Sawerigading Palopo dr. Yanty Tandirogang, mengungkapkan, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya di masa pandemi saat ini. Tenaga medis dari RSUD Sawerigading Palopo, menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dalam, selama pelaksanaan donor darah.

“Sebelum peserta mendonorkan darahnya, terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya, seperti pengecekan suhu tubuh, timbang berat badan, cek tekanan darah (tensi) dan pemeriksaan Hemoglobin atau yang biasa disebut dwngan HB,” ungkap dr. Yanti.

Donor ini juga turut dihadiri oleh Ketua KNPI Kota Palopo (Energy Of Harmony) Suparni Sampetan atau yang akrab disapa Spartan, serta beberapa pengurus KNPI lainnya.

” Ayo para pemuda, mari bersama-sama kita lakukan amal kebaikan dimasa pandemi ini, untuk kepentingan sesama, dan jangan pernah berhenti menjadi orang baik,” pungkasnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *