Pantau TKP Longsor di Poros Palopo-Toraja, Dandim 1403/Sawerigading Perintahkan Ini Kepada Anggota

  • Whatsapp

PALOPO – Dandim 1403/Sawerigading, Letkol Inf Gunawan SIP meninjau langsung TKP tanah longsor yang terjadi di wilayah teritorialnya, tepatnya di Km 24 poros Palopo-Toraja, Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Jumat (26/6/2020), malam.

Ia yang dikonfirmasi melalui via selulernya, mengatakan, tanah longsor yang terjadi di Km 24 mengakibatkan arus lalu lintas putus total, apapagi material longsor dari atas Km 24 menutupi jalan dibawahnya, yakni di Km 21-22.

Bacaan Lainnya

“Jalan putus sepanjang kurang lebih 30 meter di Km 24, sedangkan jalan tertutup material longsor sekitar 70 meter di Km 21-22,” kata Dandim 1403/Sawerigading, Letkol Inf Gunawan SIP, Sabtu (27/6/2020).

Sebagai langkah antisipasi, Dandim telah memerintahkan personil Kodim 1403/Sawerigading untuk membangun tenda posko darurat untuk evakuasi, lengkap dengan tenaga kesehatan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan BPBD, Polres Palopo dan Pemda untuk mendatangkan alat berat, guna membuka jalan dalam rangka membebaskan 30 kendaraan yang terjebak diantara Km 21 – Km 24,” kata Dandim.

Ia juga memerintahkan personilnya, untuk mengimbau masyarakat sekitar tempat longsor, agar bersedia untuk dievakuasi. Sekaligus mencegah masyarakat yang hendak melihat lokasi tanah longsor, apalagi di sekitar TKP, diwaspadai bakal terjadi longsor susulan.

“Menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada karena longsor susulan dapat terjadi bila curah hujan tinggi,” tegas Dandim.

Meski ada sembilan rumah warga yang sudah kosong terbawa material longsor di Km 24 sampai ke Km 21 dan Km 22, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sebab sebelumnya, pemilik rumah telah mengungsikan diri jauh hari sebelumnya.(Tiara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *