Penegakan Hukum Tambang Emas Ilegal Siguntu, Jangan Tunggu Bencana Baru Bertindak

  • Whatsapp

PALOPO–Tambag emas yang ada di Gunung Siguntu, Latuppa Kota Palopo dalam sebulan terakhir, dari berbagai lembaga telah melakukan peninjauan.

Karenanya, Dedy Arianto mahasiswa fakultas hukum dari salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Palopo mendesak penegak hukum dan pihak terkait lainnya, untuk menindak tegas para terduga pelakunya.

Bacaan Lainnya

” Kan sudah melakukan peninjauan ke lokasi, dan memasang police line, barang buktinya ada, fakta-fakta lapangan ada. Untuk itu, kami mendesak aparat penegak hukum dan pihak terkait lainnya, untuk menindak tegas para terduga pelakunya,” ujar Dedy. Minggu,23/08/2020.

Penegakan hukum, terkait dugaan kejahatan lingkungan dan dugaan penambangan ilegal tersebut. Dedy mengingatkan agar proses penegakan hukumnya, jangan menunggu terjadi bencana, baru bertindak.

” Tambang yang diduga ilegal di Siguntu Latuppa, penegakan hukumnya oleh pihak terkait, sekiranya dapat bertindak cepat. Jangan tunggu bencana terjadi, baru bertindak,” terang mahasiswa fakuktas hukum ini.

” Contoh kasus di Kabupaten Gowa, Polisi mampu menangkap pelaku kejahatan lingkungan, dan di Bogor Polisi juga mampu mengungkap danĀ  menangkap dua bos tetduga pelaku tambang ilegal. Kenapa tidak di Palopo,” tambahnya.

Lanjut Dedy, kembali mengingatkan peristiwa memilukan pada tahun 2008/2009, terjadi banjir bandang di Kota Palopo, hal itulah yang menjadi ke khawatiran masyarakat Kota Palopo.

” Kita ketahui pada tahun 2008/2009, beberapa tahun silam telah terjadi banjir bandang di Kota Palopo. Kami tidak mau hal itu kembali terulang,” pungkasnya. (rdk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *