Perkebunan di Markas Sang Prajurit, Kodim 1403/Sawerigading Berikan Contoh Ketahanan Pangan

  • Whatsapp

PALOPO.Celebestimes.id–Kendati berada di tengah Kota Palopo, Kantor Kodim 1403/Sawerigading tetap tertata rapi, bersih, sejuk dan indah. Itu baru tampak dari luarnya.

Bacaan Lainnya

Apalagi ketika memasuki markas sang prajurit ini, mata akan disuguhkan dengan pemandangan kebun-kebun mini, yang tersebar diberbagai sisi ruang kerja bercorak cat berwarna hijau.

Dandim 1403/Sawerigading, Letkol Inf Gunawan SIP, melalui Pasi Ter, Kapten Inf Agus Purwono, mengatakan, kebun-kebun mini yang ditata rapi itu, ditanami dengan berbagai macam sayuran.

Kata dia, pemanfaatan lahan di lingkungan perkantoran, merupakan salah satu upaya satuan memberikan contoh kemandirian pangan kepada anggota serta masyarakat binaan di wilayah.

Pemanfaatan lahan kosong tersebut, baik disekitar rumah maupun kantor, juga sebagai solusi untuk membantu penyediaan bahan makanan secara berkelanjutan di tingkat rumah tangga.

“Yang ditanam adalah tanaman jangka pendek, sekitar 40 hari bisa panen. Seperti sawi, terong, bayam, tomat, cabai, kacang panjang, kubis dan kangkung,” kata Kapten Agus, Jumat (12/6/2020).

Tak hanya di kodim saja, penghijauan kantor dengan tanaman sayur, ternyata sudah diterapkan di jajaran koramil yang ada di Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo.

Baru-baru ini, Petugas BPP Kecamatan Wara ikut bercocok tanam bersama TNI di pekarangan Makodim.

Kepala BPP Kecamatan Wara, Mardiyah Santi, mengatakan, pemanfaatan lahan ini, bertujuan
untuk memberikan contoh kepada masyarakat, guna menambah minat warga untuk memanfaatkan ruang kosong di pekarangan rumahnya.

“Selain untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga, hal ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan memberikan contoh tentang teknik bercocok tanam yang baik,” ujar Mardiyah.(Tiara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *