Tinjau Lokasi Longsor Battang, Ini Perintah Danrem 142/Tatag Kepada Dandim 1403/Swg

  • Whatsapp

PALOPO – Pasca musibah longsor yang terjadi di Km 24 dan Km 21 poros Palopo-Toraja Jumat sore kemarin, Komandan Korem (Danrem) 142/Tatag, Brigjen TNI Firman Dahlan SIP meninjau langsung TKP yang mengakibatkan sembilan rumah milik warga rusak parah, Sabtu (27/6/2020).

Didampingi Dandim 1403/Swg, Letkol Inf Gunawan SIP, Danrem 142/Tatag menelusuri bekas longsor yang ada di titik Km 21 dan Km 24, Ia juga menyempatkan diri berdialog dengan warga Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo yang berada tidak jauh dari lokasi longsor.

Bacaan Lainnya

Danrem 142/Tatag mengimbau warga Kelurahan Battang, untuk sementara waktu mengungsi ke tempat yang telah disediakan oleh pemerintah, itu untuk menghindari longsor susulan di lokasi tersebut.

Ia juga mengajak warga agar menggunakan akses jalan alternatif agar roda ekonomi di kelurahan tersebut tetap berjalan normal.

Di Km 24, Danrem menyaksikan langsung kondisi di TKP yang sangat parah. Ia kemudian memerintahkan Dandim 1403/Swg agar segera bertindak lebih cepat lagi.

“Kerahkan seluruh personil TNI Kodim 1403/Swg untuk bekerjasama dengan Instansi terkait dalam menangani seluruh material yang menutupi badan jalan akibat longsor,” tegasnya.

Tak hanya meninjau lokasi longsor, Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan SIP, juga mengunjungi Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Tanah Longsor Kodim 1403/Swg.

Seperti diketahui, longsor yang terjadi di poros Palopo-Toraja, Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo pada Jumat (26/6/2020) sore, mengakibatkan sembilan rumah milik warga rusak, dan 30 unit mobil terjebak diantara Km 21 dan Km 24.

Sementara itu, Dandim 1403/Swg, Letkol Inf Gunawan SIP, mengatakan, 30 unit kendaraan roda empat masih terjebak di antara Km 21 – Km24.

“Untuk jalan yang tertimbun, sementara hari ini baru selesai 80 persen dibersihkan tanahnya sehingga belum bisa dilewati,” ujar Dandim.

Dandim juga mengatakan, bahwa warga yang terkena dampak langsung tanah longsor, untuk sementara mengungsi di rumah keluarga masing-masing.

Di hari yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) A. Sudirman Sulaiman ST dan rombongan, juga meninjau lokasi longsor, namun posisinya di sektor arah Toraja di Km 24.(Tiara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *