Tunggangi Trail, Dandim 1403/Sawerigading Tinjau Langsung Jalur Alternatif Luwu-Torut

  • Whatsapp

LUWU – Dandim 1403/Sawerigading, Letkol Inf Gunawan SIP memimpin langsung personilnya menyusuri jalur Walenrang Barat (Walbar) Kabupaten Luwu menuju Kabupaten Toraja Utara (Torut), Selasa (30/6/2020).

Menunggai trail kesayangannya, Ia pun memastikan langsung kondisi jalan alternatif yang diharapkan bisa dilalui oleh kendaraan dari Torut-Luwu melalui Kecamatan Walbar, itu sebagai imbas dari bencana longsor yang terjadi di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo pada Jumat (26/6/2020) lalu, yang memutuskan arus lalulintas Palopo-Toraja.

Bacaan Lainnya

Langkah itu diambil oleh Dandim 1403/Sawerigading, sesuai perintah dari Komandan Korem 142/Tatag untuk bertindak lebih cepat lagi. Perjalanan mengecek kondisi jalur alternatif tersebut, Dandim didampingi Pasi Ops Dim 1403/Swg, Kapten Inf Muh. Sukardi, para Babinsa Koramil 1403-07/Walenrang dan personil Kodim 1403/Sawerigading.

Untuk bisa menjangkau perbatasan Kabupaten Luwu-Torut, Dandim bersama personilnya melintas di poros Batusitanduk – Desa Ilanbatu Uru, Kecamatan Walbar, Kabupaten Luwu.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih satu setengah jam, Dandim 1403/Sawerigading bersama rombongan tiba di batas Kabupaten Luwu-Torut, tepatnya di Dusun Mandila.

Setelahnya itu, Dandim dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Mako Kodim 1414/Tator. Setelah melakukan koordinasi dengan Dandim 1414/Tator, Dandim 1403/Sawerigading melanjutkan perjalanan ke wilayah teritorialnya.

Ia dan rombongan menempuh route Rantepao -Tandung Nanggala – Desa Lembang Lilikira, Illan batu Uru.

“Dari Rujab sampai ke batas Luwu-Torut sekitar satu setengah jam, dari batas ke Kota Rantepao sekitar 30 menit,” kata Dandim 1403/Sawerigading, Letkol Inf Gunawan SIP, saat dikonfirmasi via selulernya usai kembali dari peninjauan jalur alternatif.

Menurutnya, jalan tersebut 80 persen berbatu, namun bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, tidak hanya trail bahkan motor matik pun bisa, asal pengendaranya berani, termasuk kendaraan roda empat pun juga sudah melalui jalur itu.

“Yang penting berani, tadi banyak yang lewat dan boncengan,” tambahnya.

Hasil peninjauan jalur alternatif tersebut, dilaporkan ke komandan Atas sekaligus akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait.(Tiara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *